Tags

, , , ,

Nah ya, habis semua ujian, akan datang urusan Medical Check up. Agak ngerepotin tampaknya tapi enggak kok, insyaallah berguna banget. Medical check up mending di rumah sakit yang besar di kota masing-masing.

Saya dulu Medical check up di RS cipto, saya menyesal.. dengan alasan :

1. waste of time and money. Dulu pikirnya lah sekalian suntik imunisasi aja kan imunisasinya lengkap disana. Partly correct, partly not. Rumah sakit ini menangani pasien se-Indonesia, artinya kalau masuk dalam sistem tersebut anda masuk dalam pasien se-Indonesia tersebut. in short: nunggunya panjang. Saya salah juga sih gak nanya-nanya langsung main Medcheck aja disitu padahal bisa di RS depok jg cukup.

2. Diputer-puter. Salah satu yang mungkin mekanisme yang baik atau tidak, walahualam, mungkin karena rumah sakit ini super besar dan menangani segala macam penyakit untuk proses medcheknya juga harus detail. Sampai yang gak diminta aminef pun disuruh cek. Anyway, cukup medchek di RS besar manapun di kota anda.

Nah kalau imunisasi oke di cipto, lengkap dan suster yang stand by pun sangat membantu. Nama klinik untuk imunisasinya adalah Klinik Imunisasi dewasa (021-3904546). Di klinik tersebut tersedia berbagai macam imunisasi yang diperlukan untuk pergi keluar negeri. Ambil imunisasi yang diminta oleh AMINEF dan Universitas saja. Saat saya berangkat, saya diminta untuk mengambil imunisasi TDP, MMR, Polio, dan Meningitis dari AMINEF.  Btw, lumayan mahal imunisasinya dan kadang ga bisa sekali datang. Well karena imunisasi disuntik di lengan, lengan manusia sampai saat ini ada dua… hehehehe…  Untuk imunisasi di Bandung bisa ke biofarma atau klinik yang ada di deketnya. Imunisasinya jauh lebih murah mungkin karena ada deket pabriknya ya.

Adapula imunisasi dari KKP. imunisasinya banyak di pelabuhan. Tenryata ada  klinik imunisasi ini.. saya terlambat tahu untuk info ini tapi ya silahkan semoga manfaat bagi Fulbrighter selanjutnya

kantor kesehatan pelabuhan

