Tags

, ,

Saya mendapat pertanyaan ini dari dua teman yang akan datang ke Amerika.

Jawaban dari pertanyaan tersebut?

hmm….

Yang diperlukan adalah foto dengan telinga dan leher yang terlihat. Jadi ambilah foto dengan dalaman jilbab yang memperlihatkan telinga dan leher.

Bagaimana yah, begitulah peraturannya. Jikalau kita mempermasalahkan ini melanggar hak sebagai muslimah, saya tidak tahu bagaimana harus menjawabnya (and its not mine to answer lol omg). Tapi bagaimana kalau kita melihat dari sisi orang Amerikanya. Mereka mengambil langkah ini karena merasa diperlukan., menurut saya ya carilah win-win solution, bagaimana supaya aurat kita sebagai wanita muslimah tidak terbuka namun tetap memenuhi syarat untuk foto visa.

Pada saat membuat visa, saya baru saja memutuskan untuk memakai jilbab, jadi foto paspor belum berjilbab jadi saya putuskan untuk tidak memakai jilab pula saat foto visa (terus teman-teman saya bingung, sebenarnya saya memakai jilbab atau tidak. haha sudahlah, yang penting Allah yang tahu niat saya). Sementara, setelah sampai Amerika, alhamdulilah ketika pergi dengan pesawat dan harus memperlihatkan paspor meski di foto paspor saya tidak berjilbab tidak ada masalah alhamdulilah selama melewati prosedur keamanan di bandara.

Ada seorang teman saya yang harus mengulang foto 4 kali karena pertama memakai jilbab, lalu memakai ciput ninja (yang membuat lehernya tidak terlihat), lalu memakai ciput yang ada yang bagian kerasnya itu lho (yang membuat jilbab berbentuk, saya tidak tahu namanya) sehingga terdapat bayangan di dahinya, ini juga ditolak, lalu akhirnya dia memakai dalaman biasa yang tidak membuat bayangan di dahinya, terlihat leher dan telinganya. Mungkin karena kami diakomodasi oleh fulbright/aminef, mereka try to make sure that our photos will go through sehingga meminta foto yang seaman mungkin.

Wallahu alam

