Tags

, , , , , ,

*updated 9/20/2014*

Yoo para pelajar yang akan belajar (yaheyalah)

Para Fulbright-er yang masa depannya insyaAllah bright (amin)

Setelah berjibaku dengan wawancara, tes tes, nunggu, nunggu, medical check, nunggu, dapat pengumuman, dilema mau milih sekolah yang mana, apply visa, kemudian datanglah saatnya… menyiapkan barang untuk dibawa ke USA.

Euh, mantap. Dua tahun lho. yang master, yang PhD ya tiga tahun (minimal)..

Nah apakah yang perlu dibawa?

Per orang beda-beda pastinya. tergantung personality, gender, dan tempat tujuan.

Tapi kalau boleh memberi masukan dan saran inilah yang perlu dibawa:

1. Koper, spesifikasi:

a. Koper dengan TSA lock, karena petugas perbatasan di Amerika boleh membuka koper kita, mereka punya kunci universal untuk TSA ini. Kalau ga pake TSA gapapa, tapi mungkin nanti locknya dibongkar hehe.

b. Ukuran koper: tergantung maskapai. Cek website maskapai yang akan dipakai. Saya dulu dapat Delta, boleh bawa 2x23kg. Sementara kalau tidak salah American Airlines boleh bawa 1 koper, sisanya bayar (biasanya $200 pake Credit card/Debit card). Saya bawa koper American Tourister ukuran medium-large yang bisa muat 20kg dan 28 kg. Ukurannya sekitar 21″(medium size)-28″ (large size). Atau klo ada uang beli samsonite lolol tp ga ngaruh bgt sih dan kalau bisa kasi saran beli yang hardcase soalnya bayangkan saja tas itu akan dibanting dan ditumpuk dengan berbagai tas lain.  Untuk bawaan sekitar 20-25 kg yang medium cukup, kalau 30an kg mungkin pakai yg ukuran large. Kalau bisa kopernya yang 4 roda jadi gampang dibawa-bawa saat transit. Terserah sih mau bawa yang segimana, cuma yang harus diingat ya itu kalau bisa jangan sampai lebih dari 23 kg/entah berapa berat maksimal yang ditetapkan airline. Untung-untungan sih, klo mbak/mas pas cek in di Soetta baik, kelebihan gpp. Saat berangkat, teman saya ada yang bawa 28 kg dua koper lolos. Jangan lupa pas cek in di Soetta bilang Check through, sampe tujuan akhir. Saya salah waktu itu bilang ke Atlanta padahal harusnya sampai Harrisburg. Hanya untuk para Fulbrighters yang nanti Academic training dl, kan akan turun dulu di satu kota selama seminggu atau lebih lalu naik pesawat ke kota tujuan. Klopun bawa lebih dan di Soetta selamet, yang di Amerikanya bisa kena lg. Tapi delta santai sih klo cm kelebihan 1-2 kg.

c. Di koper, beri salinan dokumen identitas dan kalau sudah ada tempat tujuan, tuliskan juga alamat tempat tujuan. Semoga enggak terjadi tapi ada beberapa kasus dimana koper tidak sampai berbarengan dengan penumpang pesawat. Adanya alamat akan memudahkan maskapai untuk mengembalikan koper. Sebagai precaution juga, sebelum berangkat, saya diberi nasihat oleh kawan supaya membawa pakaian spare paling tidak untuk beberapa hari di tas kabin.

d. Untuk tas kabin, ada persyaratan TSA yang harus dipenuhi yaitu 3-1-1 liquid rule. (Liquids, gels, aerosols, creams and pastes must be 3.4 ounces (100ml) or less per container; must be in 1 quart-sized, clear, plastic, zip-top bag; 1 bag per passenger placed in screening bin.). Ukuran tas kabin (carry-on baggage) itu ditentukan, yang penting bisa masuk loker diatas kepala itu, kalau gak cukup disana, bisa juga dimasukkan ke bawah kursi.

Tidak boleh membawa cairan lebih dari 100ml di tas kabin, jika membawa lebih dari itu, kita tidak diperbolehkan lewat, tas dibuka dan cairan tersebut harus dibuang. daripada deg-degan mending jangan bawa deh (saya sudah tahu aturan ini kadang suka lupa, bawa jus apel lebih dr 100 ml jd diberhentikan terus diperiksa tasnya dan aduh ternyata saya lupa membuang jus apel itu). Deg-degannya itu loh.. hahaha. Kalo di Amerika, ada travel package yang botolnya berukuran 100 ml untuk sabun, shampo dan alat kebersihan lain.

screen-shot-2013-07-02-at-3-20-15-pm

2. Bumbu masakan.

Kalau bawa dua koper, satu pakaian satu lg makanan (gak semuanya juga sih, sama bawa pesanan teman juga).Makanan yang saya bawa dulu diantaranya: bumbu masakan indofood/boemboe, kecap, sambal cabe (penting banget karena disini ga ada dan rasa masakan suka hambar. saya bawa yang saset kecil biar bisa dibawa lunch jg), abon cabe, bajigur, dan mi (titipan teman). Haha saya mah niat mau masak di USA jadi bawa bumbu banyak.  Eh ternyata di sini jg ada di asian market. hehe yah gapapa, kan namanya persiapan. Makanan yang meat based ga boleh dibawa yah. Di pre-academic departure Pak Piet bilang abon dan rendang (yap, spesifik dua makanan itu) tidak boleh dibawa. Agak gimana gitu pas dibilang, sepertinya sudah ketahuan banget ya orang Indonesia hobi bawa dua makanan itu ke Amerika haha). Rule of thumb untuk makanan yang boleh dibawa adalah yang dalam kemasan industri yang ada labelnya.

3. Baju tradisional

Untuk graduation, Culture Night, saat-saat kita bisa show off budaya Indonesia.

4. Oleh-oleh yang murah tp banyak.

Beli di Pasar baru atau tanah abang. Beli yang lucu2 tp kecil dan murah dan banyak. Macam hadiah kondangan gt. Mau bawa oleh2 buat prof ama IIE officer ama siapapun jg boleh. ehehe ini asik klo lg ada acara cultural night, bisa bagi2 barang indonesah.

5. Baju.

Baju kuliah, Jeans, Sepatu, dan Tas sekolah. Kebutuhan hidup sehari-hari lah. Ga usah banyak-banyak juga gapapa, nanti bisa beli lagi kalau sudah sampai disini. Buat yang pakai jilbab, bawa jilbab instan kalau suka pakai, sama dalaman jilbab, disini lebih mahal dan lebih susah dicari. Kalau pashmina lumayan ada di department store juga.

6. Baju musim dingin.

Ada yang bilang bawa ada yang bilang engga. Saya mah bawa karena kebetulan ada jaket winter di rumah. Kalau mau beli jaket, rekomendasi saya beli yang bulu angsa atau down jacket. Sekalian beli jg longjohn atau termal clothes jg. Tapi bisa juga beli di Amerika, karena mungkin kurang cukup tebal untuk musim dingin yang lebih esktrim di bagian utara (NY, Boston, Chicago). Kalau mau beli di Bandung ada toko winter clothes (Twig House ) dua ruko sebelum pvj. buka dari pagi hingga jam 6 sore. Dulu saya membelikan syal dan longjohn sebagai hadiah untuk teman yang pergi ke Belanda katanya nyaman dan cukup hangat.

7. Buku

Kalau ada textbook yang musti banget dibawa, bawalah ebook kalau tidak perlu2 sekali.

8. Laptop.

Kalau bawa laptop dan tidak dimasukkan ke koper besar, siapin di backpack/tas kabin soalnya mulai di Singapura/Jepang harus dibuka dan ditaruh di scanner. Letakkan di bagian tas yagn mudah diambil dan ditaruh lagi. Jangan lupa jg pake windows asli dan software asli ya, hahaha bisi diliat ama petugasnya. Saya enggak sih, tp ada yang diperiksa (sempet panik dan saat transit di Singapura mendelete semua barang bajakan hahahaha).

9. Obat

Obat yang cocok di Indonesia tp yang lingkar hijau (yang generik)semacam panadol, obat maag, minyak tawon (kata teman).Kalau perlu obat dokter, siapin surat dokter.

10. Quran.

Dan buku bacaan ( ga bakal kebaca sih haha), kompas kiblat (ada di toko adventure gt macam di eiger, dulu sy dptnya di kawani), trus donlot muslim pro apps untuk jadwal solat dan kiblat dan dll buat yang muslim

11. Alat tulis, secukupnya (kalau mau).

12. Dokumen2, paspor, alamat di USA, DS2019, visa, kopi dan taruh di tiap tas. DS2019 jangan dilaminating ya. (saya akan memasukkan cerita konyol di border Amrik, dengan petugas border karena saya dengan pintarnya ngelaminating).

13. Bawa materai, pasfoto.

Sampai sekakang belum kepake sih.

14. Kacamata cadangan.

Brosis, kacamata disini mahal yo, mending beli cadangan di Indonesia, 500rb – 1juta masih dapat yang bagus disini mahal, kecuali klo beli di walmart sih.

15. Colokan ala amrik.

Nah yang bawa alat elektronik, dilihat ya tegangannya 110w apa engga. Karena tegangan kita di Indonesia itu kalau tidak salah 220w dan itu berbeda dengan Amerika. Selain itu plug/colokan listik juga beda. Kalau di Indonesia kan bulet2 endut gitu ya, di amerika colokannya kaya orang melongo; dua pipih dan satu bulat, kadang ukuran sisi pipih tersebut berbeda kadang tidak. Sebelum pergi ke Amerika, beli converter colokan buat alat elektronik yang kalian bawa dari Indonesia, bentuknya seperti stop kontak tp kecil (5000-an gitu). Ada di Ace Hardware. Trus juga kalau mau beli traveller adapter universal yang isinya colokan untuk berbagai negara. Saya dulu juga bawa kabel lan (kebiasa di bandung hahaha klo mau memperpanjang ekstensi kekeke).

7

Gambar 1. colokan di Amrik

traveller adapter

Gambar 2. Traveler adapter (dengan pilihan tipe colokan untuk berbagai negara, kali aja agan-agan (dan saya) bisa keliling dunia nanti  (aminaminamin).

17. Cash

Terserah sih mau bawa uang cash atau tidak. Yang harus diingat adalah ketika masuk border Amerika, jika agan-agan membawa uang lebih dari $10.000 maka harus dilaporkan ke petugas.

Untuk peraturan barang yang boleh dibawa dan tidak bisa dilihat di sini

segitu dulu, nanti kalau ada yang inget ditambahin.

Harrisburg, PA. 2013.

Advertisements